INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Bimbingan Teknis Agribisnis Cabai Hias Dan Konsumsi Untuk Kelompok Wanita Tani

Kamis, 25 Juli 2019

Bimbingan Teknis Agribisnis Cabai Hias dan Konsumsi untuk Kelompok Wanita Tani

 

 

Sebanyak 20 orang yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) "Matahari" mengikuti Bimtek Agribisnis cabai hias dan konsumsi. Bimtek yang diselenggarakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (Bapeltan) Suropadan Provinsi Jateng. Pelaksanaan Bimtek berlangsung selama 3 hari, 23-25 Juli 2019 dengan mengambil tempat di Desa Winong, Kecamatan Penawangan.

Bimtek kali ini di pandu oleh Bapeltan Suropadan dan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Penawangan didampingi PPL setempat. "Bimtek ini di laksanakan untuk meningkatkan kemampuan cara budidaya dan pengolahan cabai yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan adanya bimtek ini nantinya akan bermanfaat untuk mengembangkan usaha di KWT itu ,” jelas Hariyanto,

Pengelola Diklat Bapeltan Suropadan yang menjadi salah satu narasumber Bimtek. Bimtek di awali dengan persiapan alat dan bahan yang diperlukan dan persiapan media tanam. Kemudian dilanjutkan menyiapkan benih cabe hias dan konsumsi yang unggul, serta membuat ZPT secara sederhana. Peserta juga di ajarkan cara perlakuan terhadap benih cabai dan membuat persemaian yang benar, sebelum pemindahan bibit cabai ke dalam pot atau polybag. Kemudian, materi berikutnya adalah cara perawatan tanaman cabai dari mulai pemupukan, penyiraman, perempelan dan cara merawat tanaman cabai hias dan konsumsi. Penanganan dan pengenalan hama dan penyakit pada tanaman cabai pun juga diajarkan pada peserta bimtek. "Dengan adanya bimtek ini para anggota dapat lebih memahami bagaimana budidaya tanaman cabai hias maupun konsumsi yang benar,” kata Tentrem, Ketua KWT "Matahari" Desa winong, Kecamatan Penawangan.

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan melalui Koordinator PPL Kecamatan Penawangan Wartono berpesan agar peserta bimtek benar-benar mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan selama 3 hari ini guna mengembangkan usaha pada kelompoknya.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian