INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

ISI MASA PENSIUN DENGAN BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Selasa, 12 Mei 2020

ISI MASA PENSIUN DENGAN BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

 

 

PEPAYA

 

Purwodadi---Masa pensiun identik dengan masa istirahat. Aktivitas semakin berkurang. Bahkan, kegiatan lebih banyak di rumah. Aktivitas seperti menonton televisi, baca koran, momong cucu dan aktivitas ringan lainnya jadi pilihan yang tepat. Itulah yang umum terjadi. Tapi bagi sebagian orang, masa pensiun bukan waktunya untuk beristirahat. Sebaliknya, masa pensiun menjadi masa untuk meluapkan kreativitas yang tidak sempat disalurkan semasa kerja dulu.


Mereka memanfaatkan masa pensiun untuk kreativitas seperti berpolitik praktis, berbisnis, dan ada juga yang bertani. Misalnya Busono, pensiunan PNS di Kecamatan Purwodadi memanfaatkan masa pensiunnya untuk bertani pepaya California ditumpangsarikan dengan cabai rawit. Bagi dia, bercocok tanam adalah pilihan yang tepat menikmati masa tua, (10/5/2020).


Ia memanfaatkan lahan sawah seluas 0,175 ha dengan bertanam pepaya California sebanyak 360 batang. Bermula dari kegemarannya memakan buah pepaya dan akhirnya bulan Juni tahun 2019 memulai tanam pepaya California.


Pepaya adalah salah satu buah yang tinggi akan kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan. Buah pepaya matang banyak terkandung banyak betakaroten yang merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas, Sehingga pepaya California sangat cocok sebagai imunitas tubuh untuk mencegah Virus Corona.


Pada akhir bulan Januari 2020, Pepaya California ditumpang sari dengan cabe rawit sejumlah 200 batang dan bulan april sudah mulai panen. Setiap hari bisa menghasilkan 2 – 5 kg sekali petik.


Menurut Busono, kunci sukses keberhasilan dalam budidaya pepaya ini adalah ulet dan semangat pantang menyerah. Pemupukan sangat penting untuk merangsang pertumbuhan daun dan buah, ujarnya. Pupuk organik diberikan sebagai pupuk dasar. Selain itu ditambahkan NPK mutiara dan POC.


“Saya sudah satu tahun menanam pepaya California ini, hasilnya sangat lumayan. Saya berharap ada petani-petani lain yang mengikuti jejak saya, sehingga kebutuhan pepaya California di Kabupaten Grobogan bisa tercukupi dari petani daerah sini,” kata Busono.


Ia menambahkan, tanaman pepaya California mulai berbunga pada usia 3 bulan dan buahnya dapat dipanen pada usia 7 hingga 9 bulan. “Tanaman ini dapat terus berbuah hingga 4 tahun. Dalam satu tahunnya pepaya California dapat dipanen hingga 4 kali, ”ujarnya.


“Tidak sulit membudidayakan pepaya ini, terbukti berhasil pada panen pertama di bulan Desember 2019 lalu sebesar 1,6 ton dari 125 batang yang berbuah dengan harga Rp 5.000/kg. Pemasarannya pun tidak masalah karena para tengkulak sudah berdatangan ke lokasi,” imbuhnya.

 

 

kebun

 

 

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Nur Widiastuti mengatakan bahwa usaha paling tepat yang dilakukan saat pandemi Covid-19 seperti ini adalah usaha dalam bidang pertanian, guna untuk memperbaiki perekonomian.


“Pandemi Covid-19 tidak sepenuhnya membawa duka dan keterpurukan pada ekonomi nasional maupun dunia. Sejak diumumkan pertama kali adanya kasus infeksi Covid-19 pada awal Maret 2020, permintaan komoditas hortikultura sayur dan buah segar justru mengalami peningkatan,” ujar Widi.


“Masa pensiun dengan bertani hortikultura ternyata fleksibel dan mudah dilakukan, asal ada kemauan dan tekad yang kuat. Menjadikan masa pensiun yang produktif, sehat dan dapat meningkatkan ketahanan pangan bangsa,” pungkasnya.(Kiki/Emi/Harmoko – Dispertan)
 

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Kalender Kegiatan

«

Maret 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PENGADAAN BARANG DAN JASA


Galeri Video

Peta Dinas Pertanian