INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Kangkung Sayuran Hijau Kaya Gizi dan Manfaatnya

Kamis, 3 Januari 2019

Kangkung Sayuran Hijau Kaya Gizi dan Manfaatnya

 

 

Siapa yang tak kenal kangkung?

Tanaman dengan bahasa latin Ipomoea aquatica 

berasal dari India, tetapi sekarang sydah tak asing lagi bagi orang di Indonesia. Bahkan kangkung sudah menjadi menu masakan sehari-hari.

 

Tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis ini memang sudah lama dijadikan menu andalan untuk menemani nasi, hidangan laut dan  lauk-pauk lainnya. Selain murah dan kaya gizi, sayuran yang paling favorit ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

 

Kandungan gizi yang terkandung dalam kangkung antara lain, serat, fosfor, zat besi, lemak, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin, B1, dan lain sebagainya.

 

Kangkung juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Penasaran? Simak di bawah ini.

 

-1.Meredakan ketegangan syaraf_

      Selama ini kangkung dianggap sebagai sayuran yang mendatangkan rasa kantuk setelah mengkonsumsinya. Studi menemukan bahwa mungkin ada benarnya. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak,  kangkung dapat memiliki efek menenangkan syaraf yang tegang akibat kurang tidur, stres, sakit kepala, kelelahan dan sakit saat keputihan.

 

2. Efek pencahar

      Kangkung juga memiliki efek pencahar atau memudahkan buang air besar. Tak heran jika konsumsi kangkung disarankan untuk mereka yang memiliki masalah wasir.

 

3.Penangkal racun dan pembunuh parasit

      Di beberapa negara jus kangkung sering dipakai untuk mengobati keracunan akibat opium, arsenik dan minuman yang sudah tercemar. Kangkung dinilai efektif untuk membunuh cacing tanah, lintah ,cacing pita babi dan parasit usus lainnya. Kangkung juga baik untuk  mengobati mereka yang menderita penyakit kuning atau penyakit hati,  memodulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

 

4. Melindungi jantung

       Kangkung mengandung nutrisi penting seperti  vitamin A, C dan betakaroten yang merupakan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Kandungan ini dapat membuat kangkung mencegah oksidasi kolestrol. Kolestrol yang teroksidasi rentan menempel didinding pembuluh darah yang bisa menyebabkan arteri tersumbat. 

Perlindungan terhadap jantung juga datang dari folat yang dikandung sayuran ini. Selain itu kangkung juga mengandung magnesium yang bisa memurunkan tekanan darah dan memberi perlindungan  terhadap jantung.

 

5.Menjaga kesehatan mata

       Kandungan karotenoid, vitamin A dan lutein yang tinggi adalah alasan kenapa sayur ini penting buat kesehatan mata. Selain itu kangkung kaya akan glutathione yg penting untuk mencegah katarak.

 

6. Mengurangi kolesterol

       Kangkung juga bisa mengurangi kolesterol secara alami. Pada percobaan yang melibatkan tikus,kangkung tenyata bisa menurunkan kadar kolesterol dan triglikosida.

 

7. Anti diabetes

        Mengkonsumsi kangkung secara rutin ternyata baik untuk mencegah terjadinya diabetes yang diakibatkan oleh stres oksidatif.

Bagi perempuan yang mengalami diabetes saat hamil, kangkung adalah pengobatan alami yang sayang untuk dilewatkan.

 

Nah, mulai sekarang marilah sering mengosumsi sayuran hijau termasuk kangkung dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

 

(Sumber:majalah SwaDaya )


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian