INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

KEREN, DENGAN OPAL PENYULUH GUBUG SULAP LAHAN BPP JADI LEBIH ASRI

Senin, 1 Juni 2020

Keren, Dengan OPAL Penyuluh Gubug Sulap Lahan BPP Jadi Lebih Asri

 


GUBUG - Ketahanan pangan di tingkat rumahtangga merupakan titik awal dari ketahanan pangan nasional. Salah satu sumberdaya yang dimiliki oleh rumahtangga untuk mendukung penyediaan pangan bagi keluarga adalah lahan pekarangan rumah. Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan melaksanakan kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) yang salah satunya dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Gubug (18/05/2020).

 

Koordinator PPL Kec. Gubug, Parno,S.ST mengungkapkan bahwa “OPAL yang dilaksanakan di BPP Gubug diharapkan menjadi contoh bagi petani dan masyarakat sekitar. Upaya ini dilakukan agar mereka dapat melihat secara langsung cara memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran, jika tidak ada lahanpun bisa diatasi dengan menggunakan polybag”.

 

Selain itu kegiatan OPAL bertujuan sebagai upaya promosi penganekaragaman konsumsi pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, maka pemanfaatan pekarangan di BPP Gubug ditata dengan memperhatikan estetika agar diperoleh lingkungan yang asri dan nyaman. Pelaksanaan kegiatan OPAL ini dilakukan oleh PPL, PPS juga dibantu oleh Penjaga BPP Gubug.

 

 

Pertanaman di area BPP Gubug meliputi: pertanaman di lahan dan di polybag. “Kami mulai menanam sayuran bayam, kangkung, sawi, terong, tomat, cabai dan kembang kol, selain mudah perawatannya sayuran tersebut juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi serta mudah untuk dipasarkan, “ujar Parno.

 

“Kami mengharapkan semoga program OPAL berhasil dan menjadi contoh petani danm masyarakat sekitar dalam pemanfaatan pekarangan dengan tanaman yang benilai ekonomis, ”pungkasnya. (Anik/Dispertan)

 

 

 

 

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Kalender Kegiatan

«

April 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

PENGADAAN BARANG DAN JASA


Galeri Video

Peta Dinas Pertanian