INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

MESKI PANDEMI, TAK HENTIKAN POKTAN DAN GAPOKTAN DI GROBOGAN UNTUK TOREHKAN PRESTASI DI TINGKAT PROVINSI JATENG

Sabtu, 19 Desember 2020

TIGA POKTAN DAN SATU GAPOKTAN BERHASIL MENJADI JUARA DI TINGKAT PROVINSI

 

 



 
Purwodadi – Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda berakhir, bahkan tiap hari menunjukkan kecenderungan naik angka penularannya. Namun, hal itu tidak menyurutkan para insan pertanian di kabupaten Grobogan untuk tetap berprestasi. Terbukti, ada 3 kelompok tani (poktan) dan 1 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang menjuarai lomba kempok tani berprestasi tingkat provinsi Jawa Tengah.


Mereka adalah poktan Sri Arum Desa Jatilor Kecamatan Godong, yang menjadi juara 1 kategori kelompok tani berprestasi komoditas padi. Poktan Loh Jinawi VIII Desa Boloh Kecamatan Toroh yang menjadi juara 1 kategori kelompok tani berprestasi komoditas jagung dan poktan Desa Crewek Kecamatan Kradenan kategori kelompok tani berprestasi komoditas Kedalai dan Gapoktan Sekar Arum Desa Pandanarum Kecamatan Gabus yang menjadi juara 3 kategari gapoktan berpretasi.


Muslih, ketua poktan Sri Arum Desa Jatilor mengungkap rasa syukurnya, atas capaian poktannya yang berhasil menyabet juara 1 tingkat provinsi Jawa Tengah. Itu semua karena dukungan semua pihak, sehingga dapat meraih prestasi ini. “Terima kasih kepada PPL, Kepala Desa dan jajaran, Gapoktan, poktan, Dinas Pertanian Grobogan dan semua pihak yang telah mendorong kami hingga sekarang," ujarnya.


Mulai kelembagaan, administasi pembukuan, laporan keuangan, adopsi teknologi, penyerapan teknologi informasi, pengolahan panen dan pasca panen, kemitraan dan pengelolaan alsintan menjadi focus poktan Sri Arum Desa Jatilor dalam menelurkan dalam sebuah inovasi.


Ia mengaku, perjalanan untuk menjadi juara seperti sekarang tidaklah mudah. Mulai seleksi tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Namun karena kekompakan pengurus dan anggota, ditunjang dengan dukungan pemerintah desa, PPL dan dinas terkait beban semuanya menjadi ringan. “Tentu kami berharap agar ke depan bisa meningkatkan prestasi lagi hingga tingkat nasional, sehingga dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Grobogan,” imbuhnya.


Ketua poktan Loh Jinawi VIII Desa Boloh, Markum membeberkan kunci dalam menorehkan prestasi ini, yaitu kesabaran dan kekompakan. Diakuinya, SDM di poktan Lohjinawi rata-rata lulusan SD namun punya keinginan kuat untuk lebih baik. “kami ingin memberikan inspirasi kepada poktan, gapoktan lain bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk terus berprestasi,” kata Markum.


Tentunya prestasi ini tidak berhenti sampai titik ini namun harus ada keberlanjutan. “kami tidak akan berhenti berprestasi,meski pandemi pertanian harus berjalan agar bisa menyediakan pangan untuk masyarakat,” tuturnya.


Senada dengan Muslih dan Markum, ketua poktan Tani Makmur Desa Crewek Kecamatan Kradenan, Agus Riyanto mengaku sangat berterima kasih dan senang atas pencapaian prestasi ini. Menurutnya, poktan Tani Makmur akan terus melakukan inovasi sehingga produksi dan produktivitas meningkat sehingga kesejahteraan petani akan meningkat.


Sementara itu, Pelaksan tugas (plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Sunanto mengapresiasi capaian 3 poktan dan 1 gapoktan di Kabupaten Grobogan yang berhasil menjadi juara 1 dalam lomba poktan berprestasi komoditas padi, jagung dan kedelai serta gapoktan berpretasi di tingkat provinsi Jawa Tengah.


“Sebagai daerah penyangga pangan utama di Provinsi Jawa Tengah, peran kelembagaan tani sangat penting dalam mendukung program-program pemerintah, sehingga dibutuhkan poktan/ gapoktan yang handal dan berkompeten,” jelasnya.


Ia menambahkan, peran PPL, POPT dan poktan sangat strategis dalam rangka mengadopsi berbagai inovasi dan teknologi yang berubah sangat cepat. “Era 4.0 ini memiliki banyak sekali peluang dan tantangan, namun kita tidak boleh menyerah dengan keadaan, tetapi harus menjadi motivasi untuk terus mengikuti perkembangan IT yang sedemikian cepat ,” kata Sunanto.


Sunanto tak henti-hentinya mengajak semua pihak untuk terus berkarya sehingga pertanian yang menjadi tulang punggung masyarakat di tengah ketidakpastian akibat wabah pandemic Covid-19 tetap eksis dan produktif. “sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada ketiga poktan yang telah menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah, kami berharap untuk terus meningkatkan prestasi lagi sehingga dapat mengharumkan Grobogan,” pungkasnya. (Harmoko-Dispertan)
 



Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Kalender Kegiatan

«

Maret 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PENGADAAN BARANG DAN JASA


Galeri Video

Peta Dinas Pertanian