INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Panen Raya Semangka Di Penawangan,Menyambut Festival Semangka

Kamis, 15 Agustus 2019

Panen Raya Semangka Di Penawangan,Menyambut Festival Semangka

 

 

Menjelang puncak musim kemarau nampaknya menjadi masa bahagia bagi para petani semangka di Grobogan. Sebab, saat ini sebagian besar petani mulai memasuki musim panen raya.

 

Di beberapa daerah yang dikenal sebagai sentra semangka, terlihat kesibukan petani yang tengah memetik buah semangka di sawahnya. Seperti di Desa Penawangan Kecamatan Penawangan.

 

 

”Sejak beberapa hari lalu, kami mulai panen semangka. Musim kemarau seperti ini memang merupakan puncak panen semangka,” ujar Wartoyo, petani semangka di Desa Penawangan , Kamis (15/8/2019).

 

Dia menyatakan, tahun ini produksi semangka boleh dibilang cukup bagus. Ini lantaran, sejak awal penanaman tidak ada hama yang menyerang tanaman semangka dan pengairan yang cukup.

 

Mengenai harga jual dinilai masih cukup menguntungkan. Hasil panen saat ini, dihargai Rp 3.700-4.700 per kilo, tergantung jenis atau varietas semangkanya.

 

Wartoyo juga menambahkan,pihaknya juga menyambut baik dengan adanya Festival Semangka yang akan di adakan 28 Agustus 2019 nanti oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.Bobot yang dia tanam untuk 1 buah semangka ada yang mancapai 14,64 Kg,dengan rata2 10 - 11 Kg per buahnya.

 

 

"Saya menanam semangka seluas 4 Ha ,alhamdulillah buahnya bagus dengan berat per buahnya mencapai 10 kg lebih ada juga yang mencapai 14,64 kg ini yg akan saya ikutkan lomba " tambah Wartoyo.

 

Menurut Wartono, Koordinator PPL Pertanian Kecamatan Penawangan,Luas areal tanaman semangka seluas 405 Ha yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Penawangan."Jumlah tersebut meningkat pesat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 109 Ha sekarang menjadi 405 Ha"kata Wartono.

Rata2 provitas tanaman semangka di Kecamatan Penawangan ini yaitu 20 ton per Ha.

 

Dengan adanya minat tanam semangka petani penawangan,berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan harga jual semangka di Penawangan.Salah satunya dengan mengadakan festival semangka tanggal 28 Agustus 2019 nanti.

 

Menurut Widi ,Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan mengatakan ”Semakin baik penampilan buah semangka maka harga jualnya akan lebih tinggi. Jadi, kalau petani mau jual sendiri tidak pakai model tebas, sebaiknya lakukan penyortiran,” katanya.

 

Widi juga manambahkan,tujuan di adakanya lomba tersebut juga untuk meningkatkan minat petani dalam hal menanam semangka dan mengajak petani untuk memanfaatkan lahan di MT 3"Kata Widi.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian