INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Pemkab Grobogan Intensif Akan Bangun Kebun Buah dan Kopi Robusta Tahun 2019

Kamis, 3 Januari 2019

 

 

Purwodadi, 3 Januari 2019. Tim yang dipimpin Kadistan Edhie Sudaryanto didampingi Eko Prayitno, konsultan budidaya kopi dan buah, berburu lahan di pinggiran hutan untuk dimanfaatkan menjadi kebun buah dan kebun kopi. Beberapa lokasi sedang disiapkan untuk mewujudkan rencana tersebut. Setelah di Kecamatan Toroh dan Klambu, kebun kopi dan buah juga akan dibangun di Desa Tambakselo Kecamatan Wirosari. Di Tambakselo, luas yang akan ditanami 5 ha dan dimungkinkan akan terus bertambah mengingat potensi yang tersedia masih banyak. 

 

Kadistan Edhie Sudaryanto mengatakan : "Tim Dinas Pertanian saat ini sedang giat menelusuri lahan yang berpotensi dibangun kebun kopi dan buah. Sampai saat ini telah diidentifikasi areal seluas 215 ha yang berpotensi ditanamai kopi robusta dan aneka buah tersebar di tiga kecapatan". Areal tersebut akan terus bertambah karena masih banyak lahan di hutan dan pinggiran hutan pada kondisi kritis. Pembangunan kebun akan dilakukan pada lahan-lahan kritis dan lahan kering. Sedangkan pada lahan sawah akan tetap digunakan untuk budidaya tanaman pangan. Dengan demikian pembangunan kebun ini tidak akan mempengaruhi produksi tanaman pangan di Kabupaten Grobogan. Pembangunan kebun kopi dan buah ini tidak saja akan dapat meningkatkan pendapatan petani, tetapi juga akan menunjang pariwisata. Tujuan lain yang tidak kalah penting adalah sekaligus konservasi pada lahan-lahan kritis. Oleh karena itu, akan dipilih tanaman hortikultura tahunan seperti durian, alpukat, jambu air dan tanaman kopi sehingga bisa menahan erosi tanah. 

Eko Prayitno, konsultan kebun kopi dan buah mengatakan :" Disamping tanaman buah, direncanakan juga akan dilakukan tumpang sari dengan empon-empon, seperti jahe, kunyit, sereh  dan aneka sayuran. Tumpang sari ini dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan. Jadi, selama kopi dan durian belum berbuah, petani akan masih tetap mendapat penghasilan dari empon-empon"

(bonie)


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian