INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Pendirian Posko Kekeringan

Selasa, 30 Juli 2019

Dinas Pertanian Dirikan Posko Penanggulangan Bencana Kekeringan

Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan meresmikan posko penanggulangan bencana kekeringan yang ditempatkan di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Grobogan, Selasa (30/7/2019).

Hadir dalam acara ini, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Djono mewakili kepala dinas dan Kepala Staf Kodim 0717/Purwodadi Mayor Nehemia Urim Perdana yang mewakili dandim.

Menurut Djono, pendirian posko dilakukan menindaklanjuti rakor mitigasi di Kementerian Pertanian, beberapa waktu lalu. Dimana, dalam rakor tersebut disebutkan, untuk penanganan kekeringan diperlukan posko mitigasi bencana. “Pendirian posko ini merupakan tindak lanjut rakor mitigasi di Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.

Posko ini untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim, dan banyaknya kekeringan yang terjadi di wilayah. Pendirian posko juga dilakukan guna menjamin keberhasilan panen tanaman Padi dan Jagung pada musim tanam (MT) II,” jelasnya.

Sudah Sejak tahun lalu, sejumlah infrasturktur pendukung sudah di bangun. Seperti, sumur gali, sumur bor, embung, serta long storage. Selain itu, Brigade Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan juga menyediakan pompa air yang dapat di pinjamkan ke kelompok tani/gapoktan. “Tahun ini juga di bangun 9 sumur bor yang tersebar di beberapa desa. Adanya sumur bor tersebut sangat membantu petani untuk mengairi lahan sawahnya, terutama saat kemarau,” imbuh Djono.

Koordinator POPT Kabupaten Grobogan Dargo juga menambahkan, saat ini masih ada sekitar 2.000 hektar tanaman padi yang belum memasuki masa panen. Tetapi, dengan infrasturktur yang sudah ada pihaknya optimis lahan padi itu akan panen seluruhnya.

Kepala Staf Kodim 0717/Purwodadi Mayor Nehemia Urim Perdana mengatakan, dengan ketersediaan air saat ini, pihaknya optimis bisa panen. “kami siap malakukan pengawalan dengan Dinas Pertanian sampai musim panen,” katanya.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian