INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

PERMINTAAN MENINGKAT, PETANI KEDUNGJATI KEMBANGKAN TANAMAN VANILI

Senin, 6 Juli 2020


PERMINTAAN MENINGKAT, PETANI KEDUNGJATI KEMBANGKAN
TANAMAN VANILI




 

Kedungjati - Sejumlah petani di Desa Padas Kecamatan Kedungjati mengembangkan budidaya tanaman vanili menyusul permintaan pasar cenderung meningkat dan memiliki prospek sangat bagus komoditas tanaman itu untuk mendorong pendapatan ekonomi, pada Rabu (1/7/2020).


Harno (53) seorang petani vanili Desa Padas Kecamatan Kedungjati mengaku mulai tertarik mengembangkan budidaya vanili di lahan 1500 meter persegi karena tergiur harga vanili di pasaran yang menurutnya menarik untuk dibudidayakan. Harga vanili di pasaran cukup bagus dengan harga kering hingga Rp3 juta sampai Rp6 juta/kilogram.


Harno menambahkan, tidak banyak memang yang membudidayakan vanilia, bukan tanpa sebab proses pemeliharaan tanaman rambat ini lebih rumit dibandingkan tanaman lainnya. Namun dirinya berkomitmen membudidayakan tanaman vanili dengan pola penanaman yang baik dan benar. “Mungkin inilah yang membuat orang belum tertarik mengembangkan vanili meski peluangnya bagus,” ungkapnya.


Sebagai petani modern, dirinya konsisten untuk mengembangkan tanaman vanili di kebun miliknya karena prospek pemasaran dari buah vanili ini cukup menjanjikan keuntungan. Ia mengaku budidaya vanili ini karena mendapat informasi dan dorongan dari anaknya yang telah mengembangakan tanaman emas hijau ini di daerah Gombong Kabupaten Kebumen.


"Saya mencoba tanam vanili varietas lokal sebanyak 1000 batang dan saya memakai teknik rambat di pohon Kleresede dan dinaungi paranet untuk meminimalkan sinar maatahari yang masuk," kata Harno.

Menurut dia, pohon Kleresede nantinya diharapkan selain sebagai media rambat tanaman vanili, menjadi pelindung dan peneduh vanili dan daunnya jika berlebih dapat dipangkas untuk pakan ternak kambing atau domba miliknya.

Selama ini, petani yang mengembangkan tanaman vanili di Kecamatan Kedungjati relatif kecil hal ini dikarenakan minimnya informasi untuk teknik budidaya vanili. Karena itu, dirinya mengembangkan tanaman vanili untuk mendongkrak minat tanam petani.

"Mudah-mudahan nanti dapat panen optimal dan berhasil sesuai yang diharapkan”, harapnya.






Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Chistina Setyaningsih mengatakan pemerintah daerah mendorong petani dapat mengembangkan tanaman vanili karena harga di pasaran sangat bagus.

Pengembangan tanaman vanili itu dipastikan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi petani di Kabupaten Grobogan.

"Kami minta petani terus mengembangkan tanaman vanili guna meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.

Di sela-sela kunjungannya bersama jajajran di lahan milik Harno tersebut, Chritina membeberkan trik agar budidaya vanili berhasil. Diantaranya adalah Tanah yang baik bagi pertumbuhan vanili adalah tanah yang agak lembab dengan tekstur yang gembur. Untuk pemupukan, gunakanlah pupuk kandang ataupun kompos agar ramah lingkungan dan tidak mengubah tekstur tanah.

Lebih lanjut, Ia menambahkan hal yang tak kalah penting adalah pemilihan bibit vanili yang baik. Pastikan juga bahwa stek yang anda pilih adalah stek yang berkualitas serta layak tanam, dengan ciri bahwa stek vanili memiliki panjang sekitar 30 hingga 40 cm. “Stek yang diambil dari pohonnya secara langsung haruslah batang yang tua dengan ukuran induk pohon yang sudah mencapai ketinggian kurang lebih sekitar 2 hingga 3 meter atau lebih,” ujar Christina.

Selain itu, penanaman yang tepat, penyiraman, pemupukan berimbang, pengendalian OPT, pemangkasan/ peremajaan, proses pengawinan dan lainnya harus tepat. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut diharapkan nanti tanaman vanili dapat tumbuh dengan baik dan optimal dan berbuah sesuai yang diharapkan. Ini adalah momentum untuk mendukung kebangkitan rempah nusantara dan prospeknya masih sangat bagus,” pungkasnya. (Harmoko-Dispertan)




Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Kalender Kegiatan

«

Maret 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PENGADAAN BARANG DAN JASA


Galeri Video

Peta Dinas Pertanian