INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Poktan Penerima Bantuan Alsintan Dibekali Cara Merawat Peralatan

Senin, 28 Mei 2018


Sebanyak 30 kelompok tani (Poktan) dari beberapa kecamatan di Kabupaten Grobogan, mengikuti pelatihan alat mesin pertanian (Alsintan) pasca panen yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Alsintanbun.

Pelatihan dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai 5-6 November 2018. Adapun lokasi pelatihan ditempatkan di aula dan dilanjutkan praktek lapangan di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan. Pelatihan dipandu oleh teknisi dari penyedia alsintan.

Pelatihan ini dilakukan guna memaksimalkan bantuan alsintan yang diberikan pada poktan. Salah satunya adalah power threaser multiguna. Alat ini bisa digunakan untuk perontok berbagai biji-bijian. Seperti padi, jagung dan kedelai. Dengan digerakkan tenaga diesel 6 PK atau motor bensin 5,5 HP, mesin ini mampu merontokkan 700-1000 kg/ jam.

Kasi Alsintan pascapanen Balatsintanbun Distanbun Provinsi Jateng Murindro, SP menyatakan, selain bisa mengoperasikan, penerima bantuan juga diminta memperhatikan perawatan peralatan yang dimiliki. Sejauh ini, Kementrian Pertanian juga bekerjasama dengan TNI dalam hal pengawasan dan pemanfaatan alsintan yang diperbantukan pemerintah kepada kelompok tani.

“Petani penerima bantuan alsintan pasca panen supaya melaporkan pemanfaatan peralatan secara berkala. Kemudian, jika ada kerusakan alsintan supaya segera lapor ke Dinas Pertanian Kabupaten. Dengan demikian, kerusakan itu bisa cepat ditangani,” pesan Murindro.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Grobogan Dr. Sunanto, S.St, MP menambahkan, kebutuhan akan alsintan saat ini dirasa makin meningkat. Hal ini disebabkan makin berkurangnya tenaga kerja di bidang pertanian.

Menurutnya, sebelum diserahkan secara resmi, para penerima bantuan sebelumnya mendapat bimbingan teknis dari produsen alsintan. Mereka mendapat penjelasan masalah spesifikasi, cara kerja, perawatan sederhana dan permintaan bantuan jika ada kendala di lapangan atau kerusakan.

Di hari ke 2 (6/11) peserta di berikan pemahaman tentang cara perawatan dan pengoperasian combine harvester. Salah satu alat panen padi & jagung yang sangat di gemari petani saat ini.”Petani dapat meminjam combine harvester yang ada di brigade alsintan dengan atasnama kelompok tani”, jelas sunanto.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian