INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Puluhan Penyuluh Pertanian Grobogan Dilatih Jadi Pendongeng. Ini Tujuannya

Minggu, 18 Juni 2017

*Puluhan Penyuluh Pertanian Grobogan Dilatih Jadi Pendongeng. Ini Tujuannya*

Puluhan petugas penyuluh Dinas Pertanian Grobogan mendapat pelatihan yang berbeda dari biasanya, Senin (1/10/2018). Yakni, pelatihan mendongeng buat anak-anak yang disampaikan oleh pendongeng Grobogan Erwin Nur Setyo Pambudi atau yang akrab disapa Kak Erwin.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, pelatihan mendongeng ini baru pertama kalinya diberikan pada para penyuluh. Adapun tujuan utama pelatihan adalah untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak pada dunia pertanian.

“Sejauh ini, regenerasi petani kita nilai masih kurang. Oleh sebab itu, harus ada upaya yang mesti dilakukan untuk meningkatkan kecintaan generasi muda pada bidang pertanian,” katanya, saat membuka pelatihan yang dilangsungkan di aula kantor Dinas Pertanian Grobogan itu.

Selama ini, lanjut Edhie, sasaran penyuluhan lebih banyak ditujukan pada orang tua yang sudah berkecimpung dalam dunia pertanian. Kedepan, para penyuluh diminta untuk menyasar anak-anak sebagai obyek penyuluhan.

“Untuk melakukan penyuluhan pada anak-anak tentu metodenya berbeda dengan yang dilakukan pada orang tua. Oleh sebab itu, kita hadirkan pendongeng sebagai narasumber untuk memberikan pelatihan mendongeng pada para penyuluh. Dengan adanya bekal ini, nantinya para penyuluh bisa lebih mudah jika harus menyampaikan penyuluhan pada anak-anak,” jelasnya.

Sementara itu, Susana pelatihan yang disampaikan Erwin berlangsung seru. Berbagai kiat lucu yang disampaikan, sempat mengundang gelak tawa para peserta pelatihan. Erwin menyatakan, pada umumnya tema atau bahan yang dibawakan saat mendongeng pada anak-anak adalah kisah legenda, kepahlawanan maupun cerita rakyat. Namun, seiring perkembangan zaman, tema yang diceritakan dalam dongeng semakin beragam. Termasuk membawakan dongeng dengan mengangkat tema seputar dunia pertanian juga cukup digemari anak-anak.

“Tema apa saja sekarang ini bisa dibawakan dalam mendongeng pada anak-anak. Termasuk masalah pertanian. Terpenting adalah bagaimana cara menyampaikan tema supaya bisa mudah diterima oleh anak-anak,” katanya.

Erwin menjelaskan, untuk dongeng masalah pertanian bisa mengangkat cerita-cerita rakyat yang sudah ada. Misalnya, kisah sukses seorang petani atau kisah petani yang menolong orang kelaparan.

Tema lainnya bisa dengan menceritakan tentang jenis tanaman secara lengkap. Yakni, bagian-bagian dari tanaman, dan manfaatnya. Biar tema dongeng bisa ditangkap dengan mudah, ada baiknya perlu dibawakan contoh tanaman yang akan diceritakan pada anak-anak.

“Bisa juga tema berasal dari produk makanan yang sudah dikenal. Misalnya, nasi yang asalnya dari padi atau jagung. Kemudian, tahu dan tempe yang asalnya dari kedelai,” katanya.

Menurut Erwin, supaya dongeng yang disampaikan bisa mengena maka ada hal-hal yang perlu dikuasai. Antara lain, menguasai teknik mendongeng secara efektif dan efisien. Kemudian, perlu memiliki kemampuan mengatur intonasi suara, artikulasi, ekspresi, dan gesture. Jika kemampuan ini dimiliki maka anak-anak yang mendengarkan dongeng jadi betah dan mengerti maksud yang disampaikan.

Lebih lanjut disampaikan, mendongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk menambah pengetahuan, menanamkan nilai-nilai akhlak dan budi pekerti kepada anak.

Sebab secara fitrah anak-anak memang menyukai dongeng. Disamping itu, mendongeng juga memiliki manfaat untuk membangunan kedekatan psikologis dan kehangatan hubungan kasih sayang dengan anak.

”Saya berharap pelatihan ini bisa mendorong para penyuluh menguasai teknik mendongeng yang baik dan memikat, sehingga tradisi mendongeng akan kembali bangkit sebagai salah satu metode edukasi terhadap anak-anak yang merupakan calon generasi bangsa di masa depan,” tandasnya.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian