INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

SENYUM MANIS SANG PETANI JAGUNG MANIS DESA KROPAK KECAMATAN WIROSARI

Kamis, 27 Februari 2020

SENYUM MANIS SANG PETANI JAGUNG MANIS

DESA KROPAK KECAMATAN WIROSARI

 

Jagung manis (Zea mays L. Saccharata) merupakan tanaman jagung yang sering dikonsumsi secara langsungoleh masyarakat sebagai sayuran, jagung rebus atau jagung bakar.Keberadaanya dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat baik yang tinggal diperkotaan maupun yang ada diperdesaan. Harga jual jagung manis juga lebih baik daripada harga jagung biasa karena nilai manfaatnya dianggap lebih besar dibandingkan dengan jenis jagung biasa.

Tanaman jagung manis memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi. Jagung manis dapat dibudidayakan sama baiknya di dataran rendah maupun di kawasan pegunungan yang berketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada suhu antara 23-27o Celcius dengan tingkat keasaman tanah (pH) antara 5-8. Oleh karena itu jika budidaya jagung manis dilakukan dengan perawatan baik dan intensif maka komoditas ini layak dijadikan sebagai komoditas unggulan dalam agrobisnis tanaman pangandalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Proses pengolahan lahan tidak memerlukan perlakuan khusus. Lahan yang digunakan petani Desa Kropak Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan untuk menanam jagung manis adalah lahan bekas tanaman bawang merah. Proses penanaman dilakukan dengan cara langsung ditugal dengan membuat lubang tanam sedalam 2–3 cm, dengan jarak antar lubang tanam 90x40 cm.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

April 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian