INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

Sumur Pantek Swadaya, Solusi Alternatif Atasi Kekeringan

Selasa, 6 November 2018

 

Musim kemarau yang diperkirakan panjang pada tahun ini, menjadikan petani kedelai di Desa Dimoro Kecamatan Toroh berinisiatif membuat sumur pantek secara swadaya. Tujuannya agar tanamannya dapat tetap hidup dan petani bisa menikmati hasil panennya. Pasokan air semakin berkurang di lahan ini karena adanya proyek normalisasi di Waduk Kedungombo.

Pembuatan sumur pantek yang dilakukan secara swadaya oleh petani ini dilaksanakan oleh Kelompok Tani Niti Karyo. Mulai dari perlengkapan mesin hingga tenaganya berasal dari swadaya kelompok itu sendiri. Kelompok yang di ketuai oleh Darto bahu membahu membuat sumur pantek.

“Kita membuat sumur bor sedalam 15 meter terlebih dahulu kemudian dihisap menggunakan pompa dengan kekuatan 5 PK, tergantung besar kecilnya sumber air, kemudian mengalirkan air melalui selang tersebut ”, kata Darto.

Darto juga menambahkan bahwa kemampuan selang untuk mengalirkan air dari pompa tersebut hanya sejauh 300 meter. “Agar bisa mengaliri lebih luas maka harus ditambahkan mesin sedot dan selang lagi”, imbuh Darto.

sumur pantek 2

 

Kepala UPTD Kecamatan Toroh Sudarto, menyebutkan bahwa Kelompok Tani Niti Karyo sendiri memiliki 16 Ha tanaman kedelai yang saat ini berumur 35 hari. Selain kelompok Niti Karyo, terdapat 2 kelompok lain yang sudah membuat sumur pantek, yaitu Sumber Makmur III dan Sedyo Mulyo. Masing-masing kelompok memiliki luas tanaman kedelai seluas 20 Ha dan 25 Ha.

”Karena aliran air dari waduk Kedung Ombo tidak mengalir hingga Oktober nanti, sedangkan kelompok akan tanam kedelai, maka kami sarankan agar lahan kelompok yang ada sumber airnya untuk membuat sumur pantek secara swadaya”, Sudarto menekankan. (IP)


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Agenda kegiatan

Kalender Kegiatan

«

Februari 2020

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Galeri Video

Peta Dinas Pertanian