INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan 
  •  Menuju Agribisnis Yang Bermartabat 
  •  Grobogan Hebat 
  •  Menuju Indonesia Unggul 

TANCAP GAS, KADISPERTAN GROBOGAN LAKUKAN “VICON“ PERMUDAH KOORDINASI DAN KOMUNIKASI

Senin, 27 Januari 2020

Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto didampingi Kabid, Kasi, Koordinator PP dan Staf melakukan video telconference terkait dengan koordinasi program kedelai tahun 2020 dengan Koordinator PPL 8 Kecamatan pada Jumat (17/1) di ruang Kostrada Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

8 BPP tersebut adalah Kecamatan Ngaringan, Wirosari, Tawangharjo, Gabus, Pulokulon, Toroh, Purwodadi, dan Karangranyung. Koordinasi dengan video teleconference dengan aplikasi zoom cloud meetings ini dilakukan dalam rangka memudahkan koordinasi tanpa harus bertemu / tatap muka secara langsung, tetapi dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi dari hp android, IOS, Windows, Macintosh dan lain-lain.

Hal ini dalam rangka mensukseskan program Kostratani yang diluncurkan Kementrian Pertanian baru-baru ini. Kadispertan Edhie Sudaryanto mengatakan, Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pertanian yang dimulai dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan yang berkewajiban untuk mengoptimalkan tugas, fungsi, dan perannya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian. 

"Hari ini kita melakukan uji coba video teleconference dengan aplikasi Zoom cloud meetings untuk koordinasi terkait program kedelai tahun 2020. Kita koordinasi dengan 8 BPP yang memiliki potensi kedelai, kita sharring permasalahan dan kendala yang dihadapi. Hal ini selaras dengan program Kostratani yang diluncurkan Kemetrian Pertanian RI" terang Edhie Sudaryanto di sela-sela rapat koordinasi dengan video teleconference bersama 8 BPP. 

 

Balai Penyuluhan Pertanian sebagai kelembagaan penyuluhan yang terdekat dengan petani akan dioptimalkan peran  dan fungsinya melalui berbagai strategi, diantaranya melalui fasilitasi BPP dengan perlengkapan IT yang memadai, dibarengi dengan peningkatan kemampuan penyuluh pertanian di bidang IT, sehingga dapat tetap  eksis di era industri 4.0.

 "Sudah dilakukan dilakukan penyuluhan digital sistem kepada petani terutama untuk mengggunakan digital sistem dengan android yang mereka punya," ungkap Edhie. 

Untuk lebih mengoperasionalkan gerakan Kostratani sebagai pusat data dan informasi berupa data realtime dari Kostratani yang terhubung dengan pusat gerakan pembangunan pertanian baik itu dalam program grafik pertanian masuk sekolah, grasida, sikomandan, family farming dan lain sebaginya, maka pusat pembelajaran di BPP itu digunakan sebagai tempat untuk pelaksanaan imtek , sekolah lapang, termasuk untuk mewadahi kegiatan demonstrasi area maupun farm. 

Tujuan dilakukannya video teleconference kali ini diharapkan akan meningkatkan koordinasi pelaksanaan gerakan komando strategi pembangunan pertanian sampai tingkat kecamatan. Koordinasi yang sifatnya mendesak dan urgent dapat dilakukan dengan video teleconference ini. Tanpa ada sekat ruang dan waktu.

Menurut Djono kepala bidang pangan Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, mengapresiasi video teleconference dengan aplikasi Zoom cloud meetings untuk koordinasi terkait program kedelai tahun 2020. Diharapkan para koordinator PPL, PPL, PPS dan semua pihak untuk bahu-membahu mendukung dan mensukseskan program ini.

“Kecamatan -kecamatan yang menjadi sentra pengembangan komoditas kedelai didorong untuk melakukan upaya strategis agar petani dan kelompok tani/ LMDH yang sebelumnya tanam kedelai kita dorong agar dapat menanam lagi, karena sekarang ada kecenderungan beralih ke komoditas lain yang lebih menguntungkan”, imbuhnya.

Upaya yang dilakukan adalah dapat menanam secara monokultur atau dengan tumpangsari. Memperbaiki rantai pemasaran sehingga harga jual komoditas kedelai tidak terlalu panjang dan menguntung petani kedelai. 

Koordinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Budiyono mengamini apa yang dikatakan Kadipertan bahwa Dengan Aplikasi zoom cloud meetings ini sangat cocok bagi teman-teman untuk melakukan video conference atau meeting bahkan webinar sekalipun. Beberapa fiturnya mempunyai kelebihan seperti bandwidth nya ringan bahkan tidak ada iklan satupun yang berseliweran serta memori yang akan dijalankan tidak mengganggu system PC atau Android. Kita juga bisa share slide presentasi kita dan bisa di simak oleh audience dengan baik dengan suara yang jelas bahkan bisa berkomunikasi dua arah. 

“Terobosan ini [Zoom cloud meetings: red] memudahkan petugas, petani dan semua pihak yang terlibat untuk koordinasi tanpa sekat ruang dan waktu, sehingga menghemat waktu dan tenaga serta lebih efisien sehingga perlu dicoba dan diaplikasikan oleh semua pihak yang terlibat”, imbuhnya.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Pastikan hp, laptop/ dekstop anda terkoneksi jaringan internet dan memiliki fasilitas web camera. Untuk melakukan registrasi, Anda hanya cukup memasukan email anda dihalaman utama website zoom.us, dan nanti Anda akan mendapatkan email notifikasi Aktifasi Account, dan selanjutnya ikuti langkahnya.

Jika Anda menggunakan PC/Laptop, setelah Anda melakukan registrasi account, nanti akan ditunjukan TopUp link download file .exe dan silahkan diinstall (support di windows dan linux menggunakan wine). Jika Anda menggunakan Smartphone Android, Anda bisa mengunduhnya di PlayStore dengan keyword "Zoom Cloud Meetings". Jika Anda ingin melakukan Conference secara bersama-sama, Anda bisa melakukan invite atau bisa juga dengan menginformasikan "ID Meeting" kepada rekan Anda. Cukup mudah bukan? (HMK~DP)


Simpan sebagai :

Berita terkait :

Komoditas Unggulan

Kalender Kegiatan

«

Maret 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PENGADAAN BARANG DAN JASA


Galeri Video

Peta Dinas Pertanian